Candi Sari Cepogo


Setelah mengunjungi Candi Lawang, saya melanjutkan perjalanan menuju ke Candi Sari yang berlokasi tidak jauh. Masih di desa yang sama, Candi Sari terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Untuk membedakan dengan Candi Sari yang ada di Kalasan, saya menambahkan akhiran Cepogo di belakang nama candi walaupun seharusnya candi ini hanya bernama "Sari".

Yang tersisa dari Candi Sari hanyalah sebuah lingga besar, yoni, arca Nandi, beberapa batu pondasi candi, dan batu reruntuhan candi lainnya. Batu-batu Candi Sari terletak di atas bukit kecil di tengah ladang warga, di bawah pohon besar yang bisa dikenali dari kejauhan. Ketika saya berada di lokasi candi, angin semilir benar-benar memanjakan badan. Rasanya pingin tiduran di bawah pohon besar, alamak, kalau boleh. Dari candi ini, Anda bisa memandangi Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari cukup dekat. Beneran! Pemandangannya bagus.

Yoni, batu candi dan Arca Nandi.

Untuk menuju ke candi ini, Anda bisa memerhatikan peta sederhana yang telah saya buat. Jangan lupa, ikuti petunjuk yang ada di Candi Lawang.

Klik pada gambar untuk memperbesar.

Demikian perjalanan saya mencari candi di daerah Cepogo. Ketika melihat papan petunjuk, saya cukup penasaran dengan Petilasan Tapak Noto. Saya pun menyempatkan diri untuk melihat-lihat petilasan tersebut.

Komentar